Sunday, January 17, 2016

Tentang Potensi Ternak Udang Air Tawar


Siapa yang tidak menyukai udang? Bahan makanan populer yang banyak terdapat di warung makan chinese food ini memang banyak disukai oleh masyarakat kita. Sayangnya, ketersediaan udang masih sangat kurang jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Udang yang terdapat di pasaran rata-rata masih menggantungkan dari potensi alam yaitu hasil laut. Padahal potensi ternak udang air tawar juga sangat menjanjikan, untuk ketersediannya bahan baku udang di pasaran. Bahkan karena tidak mengandalkan kekuatan alam dan tangkapan nelayan, harganya pun dapat ditekan dan menjadi lebih terjangkau.

Salah satu udang air tawar yang banyak dicari adalah udang galah. Dengan ukurannya yang cukup besar, udang galah banyak diekspor ke Eropa bahkan Amerika. Bisnis budidaya udang galah ini juga masih belum banyak dilirik orang, maka anda dapat memulainya saat ini. 

Ada beberapa pertimbangan penting dalam memelihara udang yang akan dijelaskan di bawah ini :

1. Peralatan dan lokasi kolam
Sebelum anda membudidayakan udang galah, anda harus memiliki peralatan yang memadai. Antara lain sekop, cangkul, jaring dan alat-alat lain untuk membawa udang beserta bibitnya. Persiapkan sedetil mungkin apa yang harus anda miliki. Sudahkah anda memiliki kolam atau lahan untuk kolam udang. Jika lahan anda sempit, anda dapat menggunakan kolam kecil yang telah di semen, atau bila memang tak ada lahan lagi. anda boleh menggunakan akuarium dengan potensi ternak udang air tawar (udang galah) yang lebih minimalis.
2. Air
Anda harus memiliki aliran air yang pasti dan harus diganti secara rutin setiap bulannya dengan mengganti sekitar setengah air dengan air yang baru. Ini untuk membuat air mendapatkan sirkulasi udara dan oksigen yang baik bagi udang galah tersebut.
3. Pembesaran udang
Udang harus dijauhkan dari pemangsa yang akan mengurangi populasi udang di kolam anda. Bila kolam anda berada di tambak yang besar, bisa jadi akan ada ikan-ikan liar yang masuk ke kolam anda dan memakan udang-udang peliharaan anda. Untuk itu, pemeliharaan udang walaupun ada di kolam sebaiknya udang tersebut diletakkan dalam jaring yang telah anda persiapkan. Sehingga akan mengurasi potensi ikan liar untuk memangsa udang galah anda.
4. Pakan
Pemberian pakan juga harus teratur yaitu di waktu pagi hari dan sore hari. Ini dilakukan saat matahari tidak bersinar terik, karena udang akan cenderung tidak mau makan bila matahari terik. Potensi udang air tawar yang satu ini akan semakin menguat bila pemberian pakan dapat teratur dan sesuai.
5. Masa panen
Udang galah dapat dipanen saat memasuki 5-7 bulan masa pembesaran. Tergantung apakah anda akan menjualnya dalam ukuran besar, sedang ataupun kecil karena semua itu mengikuti kebutuhan anda. Yang pasti jangan lupa pembersihan kolam agar udang dapat membesar secara maksimal.
6. Jaringan penjualan
Setelah anda memperoleh hasil dari budidaya udang galah tersebut, distribusikan kemana sajakah anda akan menjualnya. Dan jangan lupa untuk selalu memantau fluktuasi harga udang galah di pasaran. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi, agar anda mendapatkan banyak pelanggan setia.

Demikian tadi tentang tips potensi beternak udang air tawar (udang galah) yang dapat anda praktekkan di rumah. yang penting dalam setiap usaha adalah ketekunan dan keuletan pasti akan dapat membuahkan hasil yang maksimal. Sudah siapkah anda beternak udang galah? Pasti siap.

No comments:

Post a Comment